Membuat Meja dan Kursi
Pembuatan objek 3D ini untuk melengkapi tugas kelompok softskill. Berikut anggota – anggota kelompok kami…
- Edwin Adam Nurhidayat (55412366)
- Ilham Saputra (55412616)
- Jonathan Eluzai Abiezer (55412963)
- Oscar Prathama (55412607)
- Rafly Pesta Juninton (55412897)
Mohon maaf bila masih ada kesalahan atau kekurangan dalam pembuatannya…
Disini saya anggap anda sudah memahami
tentang blender baik itu size, rotasi, transformasi, pewarnaan dan hal –
hal lainya dalam membantu pembuatan objek ini. Jika belum, anda bisa
mencari referensinya di mbah google. Saya jelaskan dengan cara TULISAN
> GAMBAR, TULISAN GAMBAR. Oke kita langsung saja.
Masukan objek kubus, jika belum ada tekan SHIFT+A > MESH > CUBE.
Saya desain meja ini berbentuk persegi panjang. KETIK “S” UNTUK SIZE LALU KETIK “Z” UNTUK KORDINAT Z. Agar meja menjadi lebih tipis dari sebelumnya.
TEKAN S LAGI, LALU TEKAN X UNTUK KORDINAT X. Agar meja itu menjadi persegi panjang. Jika belum sesuai kalian sempurnakan lagi. Mengikuti cara di atas.
LALU TEKAN CTRL+R UNTUK LOOP CUT. Arahkan kursor ke pinggir agar muncul garis ungu. Gunakan SCROLL pada mouse untuk pembentukan LOOP CUT-nya. Jika sudah selesai klik kiri/kanan. Jadikan seperti di bawah ini…
Gambar di atas adalah LOOP CUT HORIZONTAL. Lalu kita buat LOOP CUT vertical-nya, caranya seperti cara diatas. JIKA MASIH TERSELEKSI, TEKAN A UNTUK DESELECT.
Arahkan view kebawah objek, dengan
menekan scroll pada mouse, atau dengan menekan alt+leftmouse (bila anda
mengaktifkan “EMULATE 3 BUTTON MOUSE” pada USER PREFENCES).
Seleksi bagian – bagian seperti di bawah ini. GUNAKAN KLIK KANAN UNTUK MENYELEKSINYA. GUNAKAN SHIFT ATAU CTRL UNTUK MEMBANTU PENYELEKSIAN.
LALU TEKAN E UNTUK EXTRUDE, TEKAN Z UNTUK MEMBANTU PEKERJAAN. Jadinya adalah seperti di bawah ini.
Kembali ke Object Mode lebih dulu agar
saat menyeleksi salah satu objek, objek yang lain tidak ikut terseleksi.
Karena disini saya akan menambahkan objek kursi.
Tambahkan objek kubus, SHIFT+A > MESH > CUBE
Edit kubus dengan cara saat membuat meja tadi. GUNAKAN S untuk SCALE, GUNAKAN PULA X,Y,Z untuk kordinatnya. Edit sesuai keinginnan anda, kalau saya seperti ini.
Ubah mode ke EDIT MODE, LALU TAMBAHKAN LOOP CUT. Caranya seperti cara di atas.
Seleksi bagian bawah untuk membuat kakinya. PERTAMA AKTIFKAN FACE – SELECT. LALU SELEKSI BAGIAN – BAGIAN YANG INGIN DIJADIKAN KAKINYA.
LALU TEKAN E untuk EXTRUDE. Gunakan tombol X,Y,Z untuk memudahkan pengeditan.
Coba kalian kreasikan kursi versi kalian
sendiri, karena saya membuatnya asal. Karena sudah larut malam, dan saya
ngantuk, asal jadi deh…..hahaha
Sudah selesai pada pembuatan kursi dan
meja, sekarang kita berikan material dan texture pada keduanya. Untuk
memasukan texture, material harus terbuat lebih dulu karena material-lah
yang memberi pewarna’an pada objek.
Lalu lanjut ke TEXTURE yang ada di sebelah kanan MATERIAL tadi. Seleksi dulu gambar mejanya. Setelah itu klik NEW > Open.
Hasilnya gambar kayu itu ter – import.
Di bawah ini saya berikan gambar kayu-nya. Simpan di folder mana saja kalian suka.
Untuk melihat hasilnya, render saja
dengan menekan F12. Dan untuk mendapatkan hasil render yang bagus kalian
bisa mendesain pencahayaan dan view kamera dengan memfungsikan tombol S
(size) dan R (rotasi) pada keyboard. Lalu tekan angka 0 untuk melihat
hasil tangkapan kamera.
Lalu pada objek kursi pilih panel
material dan beri warna kursi tersebut sesuai dengan keinginan anda.
Jika saya mewarnainya seperti ini…
Untuk hasil maksimal tambahkan lantai sebagai alas. Disini saya masukan MESH > PLANE. Kemudian saya perbesar ukurannya, dan saya masukan teksture kaya yang tadi. Lalu dirender (F12).
Hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini… disini Lamp saya setting menjadi Sun.
0 komentar:
Posting Komentar